Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

Segenap Manajemen / Keluarga Besar PT. Insekta Fokustama, Mengucapkan:

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H

Taqoballahu mina wa minkum,shiyamana wa shiyamakum

Minal ‘aidin wal faizin Mohon maaf lahir dan batin

Semoga Kita Semua selalu dalam Lindungan, Cinta dan Kasih Sayang Allah SWT

Aamiin

ucapan idul fitri 1436 H 2

Rayap Lebih Ganas di Musim Hujan

Rayap

MUSIM HUJAN DATANG LAGI, WASPADAI RAYAP, “SI KECIL” BERKEKUATAN DAHSYAT
Musim hujan datang, rayap pun suka datang menyerang ke bangunan atau properti Anda, kenapa demikian? Karena saat musim hujan, biasanya kelembaban yang dibutuhkan rayap sangat terjaga, sehingga memungkinkan untuk rayap lebih leluasa berkembang biak dan mencari makan dengan cara naik ke bangunan / properti yang ada unsur selulosa seperti kayu, kertas, dan turunannya. Sebelumnya juga ada artikel kami menyangkut rayap dan musim hujan datang di http://insekta.co.id/musim-hujan-datang-waspadai-serangan-rayap.html
Apakah Anda pernah melihat atau mengalami masalah dengan serangga kecil ini ? Rayap memang hewan bertubuh kecil dan tentunya kita menganggap hewan kecil ini tidak akan menyebabkan kerugian apapun. Tetapi pada kenyataannya sungguh mengejutkan karena “Si kecil “ ini memiliki kekuatan dahsyat untuk menghancurkan sebuah bangunan.
Hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia, hama rayap menjadi ancaman terhadap bangunan gedung, baik gedung perkantoran, perumahan, hotel, apartemen, dan gedung-gedung lainnya. Frekuensi serangan rayap cenderung terus meningkat akibat tingginya laju pembangunan yang mengakibatkan habitat-habitat alami rayap terganggu dan merubah serangga ini menjadi hama yang berbahaya. Tingginya serangan rayap juga terjadi akibat semakin tingginya penggunaan kayu-kayu yang tidak awet atau tidak tahan terhadap serangan rayap. Sering timbul pertanyaan, bagaimana rayap bisa masuk ke dalam gedung dan merusak yang ada di dalamnya? Simak ulasan berikut ini.
Tentang Rayap
Rayap merupakan serangga dalam salah satu ordo Isoptera. Rayap membentuk koloni dengan sistem kasta. Kasta terdiri dari tiga yaitu kasta prajurit, kasta pekerja, dan kasta reproduksi. Kasta prajurit bertugas melindungi koloni terhadap gangguan dari luar. Kasta pekerja bertugas memberi makan dan memelihara ratu, mencari sumber makanan, dan membuat sarang. Rayap pekerja mencari makanan 24 jam secara terus menerus. Kasta reproduksi bertugas untuk menghasilkan keturunan. Rayap memiliki kemampuan adaptasi sangat tinggi sehingga penyebaran rayap di dunia menjadi sangat luas.
Kelembaban dan suhu merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas rayap. Rayap memiliki cryptobiotik yaitu hidup secara sembunyi-sembunyi dan menghindari cahaya.Rayap dapat berkembang biak ratusan ribu hingga jutaan ekor dalam satu koloni sekitar 3-5 tahun.
“Si Kecil” Perusak Gedung
Rayap merupakan serangga kecil berwarna putih pemakan selulosa yang sangat berbahaya bagi bangunan yang dibangun dengan bahan-bahan yang mengandung selulosa seperti kayu dan produk turunan kayu (papan partikel, papan serat, plywood, nlockboard, dan laminated board).
Koloni rayap sederhana hanya membuat terowongan-terowongan pada kayu lembab dan mulai membusuk, lainnya membuat koloni pada kayu kering. rayap memiliki tiga kelompok yaitu rayap kayu kering, rayap pohon, dan rayap tanah. Rayap mampu menyerang gedung dan merusaknya dengan berbagai cara yaitu:
Menyerang melalui kayu yang berhubungan dengan tanah
Masuk melalui retakan-retakan atau rongga pada dinding dan pondasi
Dengan cara membuat liang-liang kembara di atas permukaan kayu, beton, pipa dan lain-lain
Menembus objek-objek penghalang seperti plastik, logam tipis, dan lain-lain walaupun penghalang tersebut bukan objek makanan nya.

Terima kasih

Disusun oleh: Team insekta dan (Yanik T L)

Pembasmi Tikus Terbaik, Terkendali sampai Tuntas

MEMBASMI TIKUS YANG MERUGIKAN

Apa yang terbersit dalam pikiran Anda ketika mendengar kata “Tikus” ? Yupbb… So pasti adalah kotor, jijik, perusak, dan pengganggu. Tidak heran jika banyak orang yang merasa risih akan keberadaan hewan pengerat ini. Tikus merupakan salah satu rodent pengganggu, baik di rumah, pertokoan, perkantoran, sarana pendidikan hingga perusahaan. Simak dengan cermat hal-hal berikut ini yang perlu Anda ketahui seputar tikus.

pembasmi tikus
Apa saja yang perlu diketahui tentang tikus ?

Tikus mempunyai indra penglihatan yang kurang baik dan yang pasti tikus buta warna, tetapi indra pendengaran, perasa, dan penciumannya sangat tajam. Untuk berjalan dan berlari tikus menggunakan sistem radar dengan menggunakan kumis dan bulunya. Tikus melakukan aktivitas di malam hari (nocturnal) dan mempunyai sifat “jera umpan”. Tikus juga suka menjilati tubuhnya sendiri untuk membersihkan (grooming).

Tikus merupakan binatang yang sangat cerdik, banyak akal untuk mendapatkan makanannya namun selalu curiga terhadap lingkungan maupun bau manusia.

Mengapa tikus disebut hewan pengerat?

Disebut “Hewan Pengerat” karena tikus memiliki kebiasaan mengerat. Tikus mempunyai 4 gigi taring yang sangat tajam yang bisa tumbuh sampai dengan 15 cm dan bila dibiarkan akan patah dan berakibat kematian secara tidak langsung. Maka secara alami tikus akan selalu mengerat atau mengasah giginya pada setiap barang yang dijumpainya seperti kayu, pipa, plastik, kabel listrik, kabel telpon dan sebagainya.

Mengapa populasi tikus selalu meningkat ?

Tikus adalah jenis hewan yang perkembang-biakannya sangat cepat. Mereka bisa hidup antara 3 – 4 tahun. Pada umumnya 1,5 – 5 bulan tikus siap kawin. Seekor tikus betina bisa beranak antara 6 – 8 ekor dan yang hidup bisa 5 -6 ekor. Masa kehamilan tikus berkisar ± 21 hari dan dalam 1 tahun bisa sampai 4 kali melahirkan. Jika populasi tikus tidak dikendalikan, apa yang terjadi? Saya yakin pasti Anda bisa memprediksi seberapa banyak populasi tikus dalam setahun?

Mengapa disebut hewan merugikan?

Kerugian yang ditimbulkan akibat ulah tikus, dari masalah kesehatan, estetika hingga kerugian material. Bentuk kerugian tersebut diantaranya menyebabkan penyakit tertentu (terutama pes dan leptosirosis), mengubah bau dan rasa barang yang diserang, mengurangi kualitas barang, menyebabkan kontaminasi (urine, kotoran, bulu, dan bangkai), serta merusak wadah, instalasi, properti, dan komponen bangunan.

Bagaimana cara pengendaliannya?

Pengendalian tikus pada dasarnya adalah upaya menekan tingkat populasi tikus pada tingkat serendah mungkin melalui berbagai cara. Secara umum terdapat tiga cara pengendalian yaitu:

Metode Biologi : Pengendalian / pembasmi tikus secara biologi adalah dengan memelihara predator alamiah pemangsa tikus. Predator pemangsa tikus yang paling umum dan lazim adalah kucing.

Metode Mekanik : Metode mekanik merupakan metode penangkapan tikus yang cukup sering dan umum digunakan dalam pengendalian tikus, misalnya dengan trapping, penjepit tikus, dan lain-lain.
Metode Kimia : Metode dengan menggunakan rodentisida (peracunan tikus). Rodentisida adalah rodentisida antikoagulan yang mempunyai sifat :

• Tidak berbau dan tidak berasa.
• Slow acting yaitu membunuh tikus secara perlahan-lahan, tikus baru mati setelah memakan beberapa kali.
• Tidak menyebabkan tikus jera umpan.
• Mematikan tikus dengan merusak mekanisme pembekuan darah
Untuk memastikan tikus mati diperlukan waktu 4 – 7 hari, dengan dosis 0,005 % dan dengan pemasangan umpan yang tidak menimbulkan kecurigaan dan pencemaran lingkungan serta relatif aman terhadap hewan bukan sasaran dan aman bagi manusia.

Terima Kasih

Disusun oleh: Yanik T L (Tim insekta)

Pembasmi Rayap Super Dahsyat, Tuntas sampai ke Induknya

Bagaimana Cara Mengendalikan Rayap?

Rayap merusak bangunan tanpa mempedulikan kepentingan manusia. Rayap mampu merusak bangunan gedung, bahkan juga menyerang dan merusak mebeler di dalamnya, buku-buku, kabel listrik dan telepon, serta barang-barang yang disimpan. Rayap akan selalu tertarik dengan barang-barang yang memiliki kandungan selulosa karena selulosa merupakan makanan yang utama bagi rayap.

Keberadaan rayap sangat meresahkan karena kerugian yang diakibatkan rayap sangatlah besar, dan pasti hal ini bisa saja terjadi dalam waktu yang tidak terlalu lama dan kadang di luar dugaan. Dengan kemampuan beradaptasi yang baik rayap mampu bertahan dan juga tersebar dengan cepat di seluruh dunia, maka diperlukan metode efektif untuk mengurangi dan mencegah kerusakan akibat rayap dan menekan populasi koloni rayap.

Metode yang biasanya digunakan dapat kami gambarkan dengan sekilas yaitu:
1. Chemical barrier
Keseluruhan bangunan dilindungi dengan pemberian termitisida (pestisida anti rayap). Untuk aplikasinya biasanya pada:
Pra-konstruksi: diterapkan pada tanah dimulai sebelum pembuatan pondasi sampai menjelang pemasangan lantai bangunan.
Pasca-konstruksi : diterapkan pada bangunan yang telah jadi. Lantai bangunan dibor untuk injeksi termitisida ke dalam tanah di sepanjang pondasi bangunan.

2. Baiting
Membasmi koloni rayap menggunakan umpan yang mengandung bahan pengganggu metabolisme rayap. Pengumpanan akan efektif jika telah ditemukan jalur kembara atau sarang rayap. Tidak ada efek residual pada sistem pengumpanan (baiting) ini.

Umpan yang dipasang dapat tidak efektif karena beberapa hal, yaitu:
1. Umpan tidak dipasang pada jalur kembara rayap aktif
2. Umpan dipasang di tempat yang sering disentuh atau pada benda-benda bergerak
3. Umpan terkontaminasi bahan kimia sehingga rayap tidak mau mendekati umpan.

Namun dari gambaran metode di atas, masih banyak calon pelanggan yang masih bingung dan masih susah dalam memilih atau menentukan metode yang mana yang lebih cocok untuk pembasmi rayap di properti nya. Maka biar Anda tidak salah pilih, atau salah cara, silahkan disimak artikel yang kami lampirkan ini di Cara Tepat Mengatasi Rayap .

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, maka tim kami siap menjelaskan dengan lebih detail lagi. Tim konsultan kami pun siap untuk mengadakan survei ke lokasi proyek, tanpa dikenakan biaya untuk wilayah Pulau Jawa, Bali, Balikpapan, dan Medan. Bagi proyeknya yang berada di luar lokasi tersebut, maka bisa kita diskusikan lebih lanjut.

Terima kasih

Disusun oleh: Yanik T L (Tim insekta)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H

Segenap Keluarga Besar PT. Insekta Fokustama, Mengucapkan:

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1435 H

Minal Aidin wal-Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Semoga Kita Semua selalu dalam Cinta dan Kasih Sayang Allah


Wallpaper-Hari-Raya-2012

 

 

Pest Control Insekta dalam Industri Pangan


Mengapa Jasa Pest Control insekta ada?

Ketika kita melihat seekor tikus, lalat ataupun kecoa, mungkin saja hal tersebut bisa berarti ratusan ekor lainnya sedang tersembunyi, atau bahkan jenis hama lain juga ada dan tersembunyi. Tujuan utama pengendalian hama adalah mencegah timbulnya dampak kerugian yang diakibatkan oleh hama.

Restoran, pabrik, supermarket dan hotel adalah salah satu tempat favorit hama, sama seperti manusia. Yang beda adalah misalkan di supermarket atau restoran manusia harus membayar untuk membeli barang atau makanan, tetapi sebaliknya hama menyebabkan supermarket, restoran tersebut harus membayar mahal atas kerugian yang ditimbulkan oleh hama, seperti : tercemarnya makanan, kerusakan produk, kesan jorok, reputasi jelek, atau bahkan sampai tuntutan hukum.

Mengapa Jasa Pest Control insekta dalam Industri Pangan sangat dibutuhkan?

food industry

Tidak bisa dipungkiri, dewasa ini, sebuah perusahaan wajib memiliki manajemen pengendalian hama (pest control) yang menjadi kunci kesuksesan sistem manajemen keamanan pangan. Hal ini berawal dari berbagai macam kerugian seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu disebabkan karena dijumpainya serangga pada produk makanan/kemasan seperti banyaknya keluhan pelanggan, serta  image proses perusahaan yang jorok dan tidak higienis.

Bahkan tidak jarang sebuah perusahaan memutuskan untuk menggunakan jasa perusahaan pest control hanya untuk syarat lolos audit pihak ketiga. Namun yang jelas, manajemen pest control terutama pengendalian serangga, tikus dan hewan lain baik dalam bentuk pencegahan maupun pembasmian harus dilakukan secara benar, terorganisasi dan terprogram sehingga dapat mencapai sasaran.

Keberhasilan pengendalian hama juga dipengaruhi oleh kondisi sanitasi dan higienitas area itu sendiri. insekta sebagai salah satu Perusahaan Pest Control sangat memahami bahwa peran para praktisi (karyawan) industri pangan yang bergerak dalam bidang penyiapan, pengolahan, penyimpanan, serta industri kemasan yang berkaitan dan industri makanan sangat penting. Oleh karena itu, didalam program pest control insekta mencoba berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait dengan teknik pengendalian hama dalam Program Training Pest Control.

Program Training Pest Control dalam Industri Pangan bertujuan:

  • Agar memahami dan mengetahui persyaratan Good Manufacturing Practices dalam industri makanan dan industri terkait yang berkaitan dengan sistem pengendalian hama.
  • Memahami dan mengerti serta dapat mengaplikasikan  program inspeksi sanitasi dalam pengendalian hama.
  • Bisa mengaplikasikan sistem pest control yang efektif dan efisien dilingkungan perusahaan salah satunya dengan ikut berpartisipasi dalam menjaga sanitasi dan higienitas lingkungan kerja.

Tentunya reputasi dan nama baik perusahaan sangat berharga bagi kelangsungan bisnis, dan jika hal tersebut rusak akibat adanya investasi hama maka biaya untuk memperbaikinya sangat mahal dan butuh waktu yang cukup lama.  Oleh karenanya, disinilah pentingnya sebuah perusahaan untuk memiliki manajemen pengendalian hama.

Demikian adalah gambaran dari salah satu bagian Program Kerja Pest Control Insekta dalam melakukan pengendalian hama, terutama pengendalian hama diarea food industry. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan dalam memilih Perusahaan Jasa Pest Control.

Peluang Pasar Jasa Pest Control dan Anti Rayap di Serpong

Serpong atau yang lebih dikenal dengan Bumi Serpong Damai atau BSD City merupakan sebuah kawasan di Tangerang Selatan, Provinsi Banten yang berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun ini menjadi sebuah hunian dan kota terencana. Berawal dari pembangunan hunian perumahan-perumahan menengah ke atas, lalu di sekitar kawasan itu berlanjut dengan pembangunan fasilitas pendukung seperti mal, supermarket, sekolah-sekolah, ruko-ruko, Bank, rumah sakit, hotel, apertemen dan fasilitas komersial lainnya.

Begitu juga dengan fasilitas umum dan akses jalan raya dan jalan tol yang makin memudahkan akses Serpong ke segala penjuru, terutama ke Jakarta dan Tangerang, sehingga membuat perkembangan wilayah ini semakin pesat. Perkembangan pesat ini juga terlihat dari kepadatan jalur lalu-lintas dan sudah mulai berdiri menjulang gedung-gedung tinggi di sekitar Serpong. Dan perkembangan ini sepertinya semakin berlanjut terus dengan pesat.

Nah, dengan kondisi perkembangan kota tersebut, maka otomatis membuka berbagai jenis peluang usaha bagi berbagai jenis usaha apapun termasuk peluang usaha Pest Control dan Anti Rayap di wilayah tersebut. Apalagi wilayah Serpong ini dahulunya dikenal sebagai wilayah bekas kebun karet, di mana tanah bekas kebun karet itu diketahui sangat banyak menyimpan koloni rayap di dalam tanahnya, yang otomatis bangunan yang berdiri di atas nya pun sangat berisiko diserang rayap setiap waktu.

PT. Insekta Fokustama pun merasakan permintaan yang lumayan tinggi bagi layanan pengendalian hama, baik untuk anti rayap, pest control, dan Pest Manajemen, maupun untuk pembasmi tikus, pembasmi kecoa, dan pembasmi hama lainnya dari wilayah serpong dan sekitarnya. Bahkan hal ini sudah menjadi kebutuhan rutin bagi sebagian besar pelanggan kami di wilayah Serpong dan sekitarnya.

Namun kalau melihat perkembangan Serpong yang semakin pesat dalam 2 tahun ini, maka kami pun merasakan masih banyak dan sangat luas peluang pangsa pasar pest control dan anti rayap yang belum tergarap dengan maksimal. Maka dari itu bagi yang membutuhkan jasa insekta di Serpong dan sekitarnya, maka dapat menghubungi kantor cabang PT. Insekta Fokustama di:

Jl.Melati Blok F2 No.10
Harkit, Karawaci Tangerang
Banten Indonesia
Telp. 021-5913177 Fax. 021-55653545

HP: 08161489105

Pest Control Bekasi

Kepada pelanggan insekta khususnya yang berada di wilayah Bekasi, Cibitung, Cikarang, Karawang, Klari, Cikampek dan sekitarnya. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang selama ini telah diberikan kepada kami PT. Insekta Fokustama dalam menangani permasalahan hama seperti Pest Control, Anti Rayap, dan Pest Manajemen di lingkungannya.

Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan kami kepada pelanggan di wilayah Bekasi, Cikarang dan sekitarnya, maka insekta beberapa waktu  yang lalu telah membuka kantor cabang di daerah Cibitung Bekasi. Hal ini juga bertujuan untuk lebih mendekatkan kami kepada pelanggan maupun calon pelanggan di wilayah Bekasi, Cikarang, dan sekitarnya.

Adapun alamat dan nomor telepon kami di wilayah Bekasi, Cibitung, Cikarang, dan sekitarnya adalah: di Gramapuri Tamansari, Blok D1 No. 21 Cibitung Bekasi,Telp. 021-88372034 HP: 0812-1972-2888 .

Demikianlah pemberitahuan ini, semoga pelanggan insekta semakin puas dengan layanan yang terus kami perbaiki dan kami tingkatkan dari waktu ke waktu.

 

Banjir Datang, Tikus Mulai Menyerang

banjir datang, tikus mulai menyerang

Tidak terasa tahun 2013 sudah berlalu dan kini kita masuk di tahun 2014. Resolusi dan target baru pasti sudah di siapkan untuk kita perjuangkan pada tahun 2014 ini. Namun di sisi lain, seperti yang kita ketahui bersama, saat ini, memasuki awal tahun ini musibah banjir terjadi di mana-mana di banyak kota dan daerah di Indonesia terutama di Jakarta.

Banyak pakar dan para profesional yang mengatakan bahwa banjir yang terjadi salah satunya adalah dampak dari kesalahan dan ketidakpedulian manusia terhadap lingkungan. Ketidak pedulian manusia seperti kebiasaan membuangan sampah di kali, pembangunan gedung dan bangunan yang merajalela tanpa memperhatikan resiko atau anilisa terhadap dampak lingkungan yang akan terjadi. Dan juga pelangaran tata ruang yang semakin merajalela.

Yah..Begitulah realita yang ada. Namun di sini saya tidak akan mengulas tentang banjir atau penyebab banjir karena memang bukan kapasitas dan keahlian Saya. Di sini Saya akan mengulas tentang masalah yang terjadi akibat banjir ini. Perlu diwaspadai, setelah banjir terjadi biasanya berbagai macam wabah penyakit datang dan mengancam kesehatan Kita. Salah satunya adalah ancaman terhadap serangan tikus.

Banjir yang datang dapat mengakibatkan habitat tikus terganggu. Seperti yang telah Saya sampaikan pada salah satu artikel Saya sebelumnya, tikus juga mahluk hidup seperti halnya manusia, mereka mempunyai kemampuan untuk survive (bertahan hidup). Sehingga, jika sarang dan habitat mereka terganggu (terendam banjir) maka akan terjadi penyebaran populasi dan perubahan pola hidup tikus. Mereka akan bertahan, salah satunya dengan masuk kedalam bangunan-bangunan gedung atau rumah.

Tentu, masalah baru akan timbul akibat tikus masuk kedalam bangunan ini. Masalah biasanya juga banyak di alami oleh pemilik bangunan rumah dan gedung. Kerugian ekonomi juga sering di keluhkan oleh beberapa pemilik atau pengelola supermarket, gudang makanan dan restoran karena produk makanan mereka di serang oleh tikus.

Oleh karena itu, ancaman serangan tikus ini harus di waspadai, beberapa tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk mencegah tikus agar tidak dapat masuk kedalam bangunan. Tikus masuk kedalam bangunan dapat melalui lubang saluran air, celah-celah yang terdapat pada bangunan dan bahkan celah pada bawah pintu. Pencegahan ini dapat di lakukan salah satunya dengan menutup semua celah yang dapat menjadi akses masuk tikus ini.

Selain itu, pencegahan dan pengendalian dapat di lakukan dengan melakukan konsultasi kepada perusahaan pembasmi tikus. Waspadailah bahaya serangan tikus pada saat musim hujan dan banjir seperti saat ini, karena selain wabah penyakit, kerugian secara ekonomi juga dapat di timbulkan oleh tikus.

Demikian artikel ini Saya sampaikan dan semoga bermanfaat.

Musim Hujan Datang, Waspadai Serangan Rayap

Rayap

Jika sudah masuk di musim hujan seperti ini, biasanya banyak serangga menyebar dan masuk kedalam bangunan, salah satunya adalah “rayap”. Perlu diwaspadai, karena biasanya akan banyak sekali rayap yang mulai berdatangan, sebab musim hujan adalah saat yang tepat bagi rayap tanah naik kepermukaan untuk berkembang biak dan membentuk koloni baru, rayap-rayap tadi mencari dan menempati bagian-bagian rumah, yang terbuat dari kayu, yang letaknya tersembunyi.

Apakah Anda mulai menemukan gundukan tanah atau jalur tanah berwarna kemerahan, berpasir maupun berwarna hitam..? sudah dibersihkan tapi muncul lagi…? atau mulai terdengar suara gemerisik di bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu, suara keratan pada plafon misalnya. Sudah bisa dipastikan ada koloni rayap mampir dan menginap di rumah atau bangunan Anda.

Mungkin bagi Anda dan kebanyakan orang pada umumnya menganggap kedatangan dari mahluk kecil yang satu ini merupakan hal yang biasa saja, tapi jika Anda terlalu acuh dan tidak memperdulikan maka rayap ini akan bisa menjadi ancaman besar bagi rumah atau bangunan yang Anda miliki. Perlu diketahui juga, dalam musim hujan seperti ini, kecepatan merusak bagi rayap tanah akan lebih cepat. Seperti yang telah saya ulas dalam beberapa artikel saya sebelumnya, bahwa rayap aktif mencari makan 24 jam serta bersarang di dalam tanah dan memiliki jumlah koloni jutaan.

Berdasarkan pengalaman dan beberapa kasus yang terjadi, banyak pemilik bangunan yang mengeluhkan adanya rayap yang datang di musim hujan karena mereka akan menjadi bekerja lebih agresif untuk menggerogoti rumah dan property kayu, sebab disamping bagunan atau property yang mereka miliki menjadi rusak, tentunya kerusakan akibat rayap ini akan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau membasmi datangnya rayap di musim hujan ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga agar bagian rumah dan furnitur yang terbuat dari bahan kayu yang ada di rumah Anda tidak sampai lembab. Kenapa demikian? Sebab bahan kayu yang lembab akan mudah sekali mengundang perhatian bagi para rayap tersebut untuk datang, dan jika hal ini sudah terjadi maka rumah Anda akan menjadi rusak tentunya. Disamping itu juga, masih ada cara lain yang bisa anda lakukan yang lebih efektif dan efisien untuk membasmi rayap tersebut.

Banyak para pemilik bangunan menggunakan bahan kimia termisida dan menyemprotkan sendiri di bagian rumah atau furnitur kayu yang terdapat rayap tersebut. Namun hal ini tidak akan efektif dalam menuntaskan permasalahan rayap yang ada, karena pengendalian rayap itu bukan hanya sekedar membunuh rayap yang terlihat saja dan bahan kimia termisida harus digunakan dalam dosis yang tepat karena jika terlalu berlebih akan memberikan masalah kesehatan dan permasalahan pada lingkungan sekitar.

Kemudian, langkah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanggil melakukan konsultasi kepada perusahaan jasa pengendalian rayap. Mereka, para penyedia jasa anti rayap pasti akan lebih memahami tentang biologis dan teknik yang tepat dalam mengatasi permasalahan rayap yang ada di rumah atau bangunan Anda. Salah satunya adalah “insekta”. Kami dapat memberikan solusi efektif, dan efisien sesuai dengan tingkat permasalahan rayap di rumah dan bangunan Anda.

Banyak teknik dan tips untuk mengendalikan rayap. Sebagai gambaran, salah satunya ada dua teknik pengendalian rayap yang dapat anda pilih, yaitu

  1. Injection dan spraying system : Yaitu dilakukan penyuntikan tanah dengan cairan termisida pada sekeliling tepi tembok bangunan dengan menempatkan barrier residual dengan ketahanan diatas 3 tahun.
  2. Bait system : Yaitu dilakukan dengan metode pengumpanan pada area dalam dan luar bangunan, dan diadakan pengontrolan secara berkala setiap bulan. Metode ini dilakukan dengan cara container bait di tempatkan area rawan rayap, apabila ada rayap yang keluar maka rayap-rayap tersebut akan menuju umpan yang dipasang. Umpan ini akan membuat rayap mandul dan menggagalkan proses ganti kulit (molting) dan rayap akan tuntas terkendali hingga koloninya.

Jangan biarkan rumah Anda menjadi makanan empuk bagi mahluk yang satu ini. Jika hal ini sampai terjadi maka bisa jadi Anda akan mendapati rumah Anda menjadi rapuh dan hancur.

Rumahku istanaku, sayangi rumah kita dengan melakukan perlindungan anti rayap.

Salam,

Tim insekta

PT. Insekta Fokustama

Kantor Pusat:
Grha Simatupang Tower 2 B Lantai 1 Jl. TB Simatupang Kav 38 Jakarta Selatan 12520. Telp. 021- 7802232 , 29409916 Fax. 021-7802146

Kantor Operasional :
Jl. Teluk Bayur 1 No. 7 C , komplek TNI AL Pasar Minggu Jakarta Selatan - 12550 Telp. (021) 7823557

Kantor Cabang:
- Komplek Wisma Lidah Kulon, Blok E No 1, Surabaya Telp. / Fax. (031) 99423200 HP: 085747909907
- Jl. Mutiara, komplek Mutiara Karawaci Blok F20 Karawaci, Tangerang 15810 Telp 021- 591 3177 / 5565 1274 HP: 0816-1489-105
- Komplek Taman Aster Blok A1 No. 96, Cikarang Barat Bekasi,Telp. 021-29088851 HP: 085640292343
- Jl. Menteng 7 / Jl. Nasional No. 19 A, Medan Tenggara - Medan, Telp. 061-42780095 Hp : 081399555126
Jl. Juanda 8 / Srikaya 5, No 36 B, Samarinda, Kalimantan Timur Telp: /Hp. : 0541-747038 Hp: 081311013508
Jl. Bedahulu 17 No. 5 Gatot Subroto, Denpasar Bali, Telp./Hp. : 081219722888
Jl. Paus No. 46 A Tangkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru , Riau, Telp./ 0761-6704208 HP: 082391186291

Depo:
- Bandung HP: 081318637631
- Semarang HP: 087771401600

Customer Service


0800-12-88888

Layanan Bebas Pulsa:

Email: insekta_ho@yahoo.co.id / sales@insekta.co.id